Calon Pelatih Baru Timnas Spanyol Luis De La Fuente Selepas Piala Dunia 2022 Qatar

Calon Pelatih Baru Timnas Spanyol Luis De La Fuente Selepas Piala Dunia 2022 Qatar

RFEF Bahkan Merespon Dengan Cepat Mengganti Luis Enrique

Menyusul kegagalan “La Furia Roja” julukan timnas Spanyol menempuh babak 8 besar Piala Dunia 2022. Federasi sepak bola tertinggi spanyol bergerak cepat dengan mengganti posisi pelatih kepala tim menjadi Luis de la Fuente.

Luis Enrique, yang sudah menjabat sebagai pelatih La Furia Roja semenjak 2018 silam. Terbaru, Luis de la Fuente ex pelatih timnas Spanyol tingkat junior akan menggantikannya. Pergantian pelatih ini tidak lepas dari kekalahan Sergio Busquets dkk. Selepas kalah dari timnas Maroko via adu penalti dengan poin 0-3 pada babak 16 besar, Selasa (6/12/2022).

Suatu survei Marca mengatakan, sesudah kekalahan Spanyol mengindikasikan bahwa 77 persen dari hampir 214.000 responden. Mengatakan pelatih kepala terdahulu Luis Enrique seharusnya mundur dari jabatan La Furia Roja.

Menaksir Pelatih Baru Timnas Spanyol Setelah Luis Enrique

Luis de la Fuente

 

“Federasi Sepakbola Tertinggi Spanyol (RFEF) sudah menunjuk Calon Pelatih Baru Timnas Spanyol Luis de la Fuente.” Tulis RFEF dalam pernyataan pada situs resminya. Penunjukan pelatih kepala Luis Fuente oleh Direktur Olahraga RFEF, Jose Francisco Molina. De la Fuente akan bertanggung jawab langsung kepada Presiden RFEF, Luis Rubiales.

De la Fuente sendiri bukan orang baru dalam dunia sepak bola Spanyol. Semenjak tahun 2013, ia memperoleh kepercayaan untuk menjadi pelatih timnas Spanyol junior dalam kategori umur. Dia memulai karier kepelatihannya bersama Spanyol pada Mei 2013 ketika berusia 51 tahun. tugas pertamanya bersama RFEF ialah menukangi timnas Spanyol U19.

Semenjak saat itu, De la Fuente menukangi timnas Spanyol dalam beraneka tahapan kategori umur. Dirinya juga sudah telah memberikan sejumlah prestasi kepada Negeri Matador.

Biografi Singkat Pelatih Baru La Furia Roja Luis de la Fuente

De la Fuente menukangi Spanyol menjadi juara Piala Eropa U19 dan U21, meraih medali emas di Mediterranian Games 2018. Serta medali perak dalam cabang sepak bola pada Olimpiade Tokyo 2020 silam. Pelatih berkebangsaan Spanyol tersebut menjadi aktor utama dalam mengorbitkan sejumlah nama yang memperkuat tim nasional senior pada Piala Dunia 2022.

Nama-nama seperti Ferran Torres, Pedri, Gavi, Ansu Fati, Eric Garcia dan lainnya. Pernah merasakan asuhan De la Fuente ketika masih membela timnas kategori umur Spanyol. Selain bersama timnas junior, pelatih berusia 61 tahun itu. Juga pernah menukangi sebagian klub Spanyol seperti Club Portugalete, CD Aurrera de Vitoria dan tim B Athletic Bilbao.

Namun, penunjukkannya sebagai pelatih tim senior Spanyol ialah yang pertama kalinya. Bagi De la Fuente untuk melatih tim senior semenjak Alaves memecatnya pada tahun 2011. Sebagai mantan pemain profesional pada kelas klub. De la Fuente berhasil menyumbangkan dua gelar Liga Spanyol bersama Athletic Bilbao pada dekade 1980an.

De la Fuente juga telah mendapatkan dukungan dari pelatih yang ia gantikan. Luis Enrique yang mengatakan bahwa bersama De la Fuente, timnas Spanyol bisa meraih tujuannya. Debut De la Fuente menukangi Spanyol akan terjadi pada Maret 2023 dalam babak kualifikasi Euro 2024. Yang mana dalam dua pertandingan pertamanya melawan Norwegia dan Skotlandia.